22 April, 2008

Quo Vadis Jurusan IESP Unhalu


Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Secara struktural berada dibawah Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari, Ketua Jurusan kini dijabat oleh Gamsir,SE,MS, Sekretaris Jurusan dijabat Oleh Irmawati Tamburaka,SE,MP namun kini tengah menempuh Program Doktoral dan sebagai Pelaksana Sementara dijabat oleh Tajuddin,SE,MS, dalam rangka memperkuat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi maka Jurusan Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan diperkuat dengan Program Studi yang diketuai oleh Rosnawintang,SE,M.Si. disamping itu Jurusan IESP Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Juga memiliki Laboratorium Statistik yang di Ketuai oleh Dr.Supriyadi,SE,M.Si. Pada tahun 2007 Akreditasi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi meningkat menjadi B+ setelah sebelumnya hanya Ter-Akreditasi C, hal ini tentu sangat menggembirakan.

Kini Jurusan IESP berhadapan dengan ligkungan Eksternal yang terus maju pesat, terutama pada ‘locus of science’ EKONOMI, tantangan ini akan menabrak eksistensi Jurusan IESP sebagai garda terdepan pengawal Ilmu Ekonomi baik Normatif maupun praxis di dataran empiris. Mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan perubahan ini atau akan ditinggal pergi oleh arus perubahan yang tidak mengenal ampun.

Melihat kenyataan tersebut maka penguatan kelembagaan menjadi penting artinya, penguatan kelembagaan ini akan menghadirkan tradisi positif dan mendorong inovasi yang merupakan kunci daya saing, penguatan institusional juga dirasa penting artinya dalam kerangka pencapaian Visi dari Jurusan IESP Fak.Ekonomi Universitas Haluoleo.

Kini Jurusan IESP Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari tengah menapaki jalan menembus Belantara Dunia yang kini hampir tanpa batas (borderless), belantara dunia ini menuntut kecepatan,akurasi,keterbukaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai anutan baik lokal maupun universal, seperti juga Universitas Indonesia yang telah meletakkan hasrat pencapaian dengan ‘Noble Activity’ maka jurusan Ilmu Ekonomi harus meletakkan diri secara cermat dalam belantara ini, jika tidak maka hanya ada satu kata untuk kita adalah ANONIM.

Tidak ada komentar: